Search

Dolar AS Kembali Menguat Pasca Amerika Serikat Catat Rekor Kasus Harian Covid-19

© Reuters.  © Reuters.

Investing.com -  Dolar Amerika Serikat kembali naik pada Jumat (26/06) petang di tengah meningkatnya kasus covid-19 di AS menebar keraguan atas langkah pembukaan kembali ekonomi sehingga mendorong permintaan atas mata uang safe haven. Departemen Kesehatan AS melaporkan jumlah keseluruhan kasus baru covid-19 lebih dari 37.000 pada hari Kamis.

Hingga pukul 14.12 WIB, naik tipis 0,06% di 97,445 menurut data Investing.com. Euro turun 0,07% ke 1,1210 dan Poundsterling melemah 0,09% di 1,2403.

Dari tanah air, rupiah kian melemah 0,51% di 14.247,5 per dolar AS sampai pukul 13.47 WIB.

Sedangkan Yen turun 0,09% di 107,10 pukul 14.16 WIB.

Juga mendukung kenaikan greenback ini berdasar laporan Reuters Jumat (26/06) petang yakni meningkatnya permintaan dari korporasi menjelang akhir kuartal meski bertambahnya kasus covid-19 di AS.

Krisis kesehatan di AS terus berlanjut karena kasus harian baru di seluruh negeri paman sam itu naik ke tingkat rekor dan gubernur Texas mengumumkan penghentian sementara pembukaan kembali negara bagian tersebut akibat lonjakan kasus virus dan meningkatnya jumlah pasien yang menjalani rawat inap.

Lebih lanjut, penguatan dolar AS ini terjadi setelah data ekonomi menunjukkan ada pemulihan ekonomi di AS pada Kamis kemarin. Tercatat penurunan kecil pada dan kenaikan penting data pesanan . Pasar juga angka memantau data pengeluaran serta angka pada Jumat malam.

Namun, data ekonomi ini masih dibayangi oleh berita rekor jumlah kasus covid-19 di seluruh wilayah AS. Departemen Kesehatan AS melaporkan jumlah keseluruhan lebih dari 37.000 kasus baru pada hari Kamis.

"Dengan data cenderung memainkan perannya dalam tajuk utama virus, investor cenderung terus gelisah hari ini,keseimbangan risiko untuk aset pro siklus cenderung turun dan dolar mungkin tetap menguat ditopang permintaan safe haven," kata analis di ING, dalam catatan riset.

“Ada kekhawatiran yang berkembang bahwa tindakan pembatasan baru akan diterapkan. Sehingga, kami mempertahankan pandangan jangka menengah yang positif untuk aset berisiko, mayoritas terkait angka infeksi yang mendorong sentimen dalam jangka pendek,” tambah ING.

Disklaimer: Fusion Media would like to remind you that the data contained in this website is not necessarily real-time nor accurate. All CFDs (stocks, indexes, futures) and Forex prices are not provided by exchanges but rather by market makers, and so prices may not be accurate and may differ from the actual market price, meaning prices are indicative and not appropriate for trading purposes. Therefore Fusion Media doesn`t bear any responsibility for any trading losses you might incur as a result of using this data.

Fusion Media or anyone involved with Fusion Media will not accept any liability for loss or damage as a result of reliance on the information including data, quotes, charts and buy/sell signals contained within this website. Please be fully informed regarding the risks and costs associated with trading the financial markets, it is one of the riskiest investment forms possible.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dolar AS Kembali Menguat Pasca Amerika Serikat Catat Rekor Kasus Harian Covid-19"

Post a Comment

Powered by Blogger.