Search

Dolar AS Melemah Ditengah Harapan Pelonggaran Moneter

© Reuters.  © Reuters.

Oleh Gina Lee

Investing.com - AS melemah pada Selasa (12/01) pagi di setelah ditutup anjlok pada bulan November. Meski begitu, ekspektasi langkah-langkah pelonggaran moneter dari Federal Reserve AS masih muncul di pasar.

turun tipis 0,12% ke 91,903 pada pukul 11.28 WIB menurut data Investing.com. Selama November, mata uang AS ini anjlok 2,32%.

Data yang menjanjikan dari pengembang vaksin covid-19 telah mendorong investor menuju mata uang berisiko dan aset berimbal hasil lebih tinggi di luar AS, yang menyebabkan kekurangan dolar. Moderna Inc (NASDAQ:) berencana untuk meminta izin atas calon vaksin mRNA-1273 di AS dan setelah mengumumkan bahwa vaksin tersebut 94,1% efektif. Pfizer Inc (NYSE:) dan BioNTech SE (NASDAQ:) juga menunggu kabar atas permintaan persetujuan calon vaksin BNT162b2 buatannya yang akan ditinjau sebelum Moderna.

Meningkatnya jumlah kasus global covid-19 juga tidak memberikan banyak dukungan kepada dolar, dengan ekspektasi yang berkembang bahwa The Fed akan melangkah untuk meningkatkan perekonomian menjelang dimulainya program vaksinasi.

Ketua Fed Jerome Powell akan bersaksi di hadapan Kongres pada hari ini dan Rabu, menjelang pertemuan kebijakan bank sentral pada 15 dan 16 Desember. Kedua peristiwa tersebut akan dipantau oleh investor untuk mencari petunjuk tentang langkah selanjutnya.

Beberapa investor tetap berharap. “Ada pandangan umum bahwa akan ada sesuatu dalam pertemuan Desember ... mengingat tidak ada perkembangan fiskal yang nyata dalam beberapa bulan terakhir,” kata ahli strategi pasar senior BNZ Jason Wong kepada Reuters.

Presiden Fed Dallas Robert Kaplan juga mengatakan pada hari Senin bahwa bulan-bulan sulit akan datang. “Kami menguatkan diri di sini,” katanya.

Kaplan menambahkan bahwa bank sentral berpikiran terbuka untuk mengalihkan atau bahkan memperluas program pembelian obligasi, tetapi "kami harus mencari tahu apakah itu dalam pertemuan Desember atau pertemuan mendatang."

Pasangan naik 0,11% di 104,39 pukul 11.32 WIB.

Pasangan menguat 0,29% di 1,3359 di tengah harapan bahwa dan Uni Eropa (Uni Eropa) akan mencapai kesepakatan Brexit sebelum akhir bulan sehingga memberikan dorongan bagi pound. Kedua belah pihak memperingatkan satu sama lain bahwa waktu adalah inti dan perundingan antara kepala negosiator Uni Eropa Michel Barnier dan kepala negosiator Inggris David Frost terus berlanjut. Tim Uni Eropa diperkirakan akan tinggal di London selama dua atau tiga hari lagi untuk melaksanakan perundingan tersebut.

Disklaimer: Fusion Media would like to remind you that the data contained in this website is not necessarily real-time nor accurate. All CFDs (stocks, indexes, futures) and Forex prices are not provided by exchanges but rather by market makers, and so prices may not be accurate and may differ from the actual market price, meaning prices are indicative and not appropriate for trading purposes. Therefore Fusion Media doesn`t bear any responsibility for any trading losses you might incur as a result of using this data.

Fusion Media or anyone involved with Fusion Media will not accept any liability for loss or damage as a result of reliance on the information including data, quotes, charts and buy/sell signals contained within this website. Please be fully informed regarding the risks and costs associated with trading the financial markets, it is one of the riskiest investment forms possible.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dolar AS Melemah Ditengah Harapan Pelonggaran Moneter"

Post a Comment

Powered by Blogger.