Search

Dolar AS Stabil Ditengah Kerisauan Wabah Virus

© Reuters.  © Reuters.

Oleh Noreen Burke

Investing.com - AS stabil pada Rabu (26/02) setelah tiga hari mengalami penurunan tetapi mampu bertahan di tengah harapan bahwa Federal Reserve bisa memangkas suku bunga dalam beberapa bulan mendatang untuk mendukung perekonomian lantaran virus covid-19 terus menyebar ke seluruh dunia.

Terhadap sejumlah mata uang, dolar AS bertahan di 98,96 pada pukul 03:30 AM ET (8.30 GMT), setelah sekarang turun sebesar 0,9% sejak mencapai titik tertinggi tiga tahun minggu lalu.

Greenback awalnya bergerak naik seiring penyebaran virus, didorong oleh kekuatan relatif yang dirasakan dari aset keuangan AS. Tetapi dengan merebaknya penyebaran lebih lanjut di seluruh dunia, investor tidak lagi melihat ekonomi AS kebal terhadap masalah ini dan mulai berspekulasi bahwa Fed akan harus menurunkan suku bunganya guna mengimbangi dampak ekonomi dari langkah-langkah yang dilakukan untuk mencoba mengendalikan virus.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS memperingatkan warga Amerika Selasa untuk bersiap menghadapi kemungkinan pandemi virus.

Peringatan itu bertentangan dengan klaim oleh penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow, yang mengatakan kepada CNBC bahwa "Kami telah menahan (virus) ini, saya tidak akan mengatakan sangat ketat, tetapi cukup dekat dengan tingkat kedap udara."

Asia melaporkan ratusan kasus virus covid-19 Rabu, termasuk tentara AS pertama yang terinfeksi dan wabah di Italia dan Iran menyebar ke negara lain.

menguat terhadap yen, diperdagangkan di 110,47, di bawah level tertinggi 10 bulan Kamis lalu setelah tiga hari berturut-turut mengalami kerugian.

bertahan stabil di 1,0876, setelah kembali menguat sejak menyentuh level terendah tiga tahun di 1,0778 pada hari Kamis.

Imbal hasil obligasi AS menjauh dari rekor terendah, dengan imbal hasil acuan obligasi 10 tahun AS naik ke 1,352%, sedangkan imbal hasil 30 tahun juga naik ke 1,835%.

Kekhawatiran mengenai dampak virus terhadap ekonomi global memberi tekanan pada imbal hasil obligasi safe haven ke tingkat rekor terendah Selasa.

Berbeda dengan The Fed, bank sentral dunia lainnya seperti Sentral (ECB) dan Bank of Japan (BOJ) memiliki ruang pelonggaran terbatas lantaran tingkat kebijakan sudah pada titik rekor terendah.

"Pasar telah ada di bawah estimasi risiko virus tetapi saya pikir fase itu sudah berakhir sekarang," tandas Tatsuya Chiba, manajer valas di Mitsubishi Trust .

Chiba mengatakan minat jual kemungkinan akan bertahan selama sebulan atau lebih sampai pasar mencapai titik ekstrem dalam arah yang berlawanan dengan memperkirakan risiko secara berlebihan.

"Saya akan berpikir kita akan melihat puncak ketakutan ketika orang menjadi sangat khawatir mengenai epidemi ini di Amerika Serikat."

yang sensitif terhadap risiko berada di dekat posisi terendah sebelas tahun di 0,6579.

--Reuters berkontribusi pada laporan ini

Disklaimer: Fusion Media would like to remind you that the data contained in this website is not necessarily real-time nor accurate. All CFDs (stocks, indexes, futures) and Forex prices are not provided by exchanges but rather by market makers, and so prices may not be accurate and may differ from the actual market price, meaning prices are indicative and not appropriate for trading purposes. Therefore Fusion Media doesn`t bear any responsibility for any trading losses you might incur as a result of using this data.

Fusion Media or anyone involved with Fusion Media will not accept any liability for loss or damage as a result of reliance on the information including data, quotes, charts and buy/sell signals contained within this website. Please be fully informed regarding the risks and costs associated with trading the financial markets, it is one of the riskiest investment forms possible.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dolar AS Stabil Ditengah Kerisauan Wabah Virus"

Post a Comment

Powered by Blogger.