Search

Dominasi Dolar AS Di Pasar Keuangan Dunia Akan Terkikis

© Reuters.  © Reuters.

Investing.com - Dominasi dolar AS di pasar keuangan dunia terkikis seiring berjalannya waktu ketika pejabat pemerintah berupaya memanipulasi kekuatan mata uang untuk tujuan politik, menurut kepala penelitian pengelola investasi terbesar di dunia.

" begitu lama memiliki peran dominan dalam sistem keuangan global sehingga tidak bisa menjadi lebih kuat lagi, dan pada titik ini Amerika Serikat telah menunjukkan kesediaannya untuk menggunakan dolar lebih dari alat politik," Karen Karniol-Tambour dari Bridgewater Associates mengatakan pada World Economic Forum di Davos, Swiss, Kamis (23/01) setempat seperti dilansir Yahoo Jumat (24/01) petang.

Pernyataan Karniol-Tambour menjadi rujukan terang dari pemerintahan Trump yang menyerukan agar Federal Reserve menurunkan suku bunga dan mengurangi nilai mata uang dolar.

yang rendah akan membuat bidang ekspor AS menjadi lebih menarik dan harga barang yang keluar ke seluruh dunia menjadi lebih murah sehingga mendukung tujuan pemerintah guna mengurangi defisit perdagangan AS dengan negara mitra dagang. Dan suku bunga yang rendah biasanya menurunkan imbal hasil aset negara seperti obligasi pemerintah sehingga mendorong investor berminat kembali untuk mendapatkan keuntungan dan dengan demikian mengurangi nilai mata uang yang digunakan untuk bisa membeli aset tersebut.

Namun retorika telah menyebar ke pasar global dan menempatkan posisi dolar AS sebagai mata uang dunia untuk risiko jangka panjang, tandas Karniol-Tambour

."Kami melihat semakin banyak negara yang bertanya, 'Seberapa besar saya benar-benar ingin memiliki dolar?' ia mengatakan.

“Dikatakan, [tidak] begitu banyak alternatif global saat ini yang bisa bertahan,” tambahnya. "Seiring waktu, peran dolar pasti akan jatuh."

Disklaimer: Fusion Media would like to remind you that the data contained in this website is not necessarily real-time nor accurate. All CFDs (stocks, indexes, futures) and Forex prices are not provided by exchanges but rather by market makers, and so prices may not be accurate and may differ from the actual market price, meaning prices are indicative and not appropriate for trading purposes. Therefore Fusion Media doesn`t bear any responsibility for any trading losses you might incur as a result of using this data.

Fusion Media or anyone involved with Fusion Media will not accept any liability for loss or damage as a result of reliance on the information including data, quotes, charts and buy/sell signals contained within this website. Please be fully informed regarding the risks and costs associated with trading the financial markets, it is one of the riskiest investment forms possible.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dominasi Dolar AS Di Pasar Keuangan Dunia Akan Terkikis"

Post a Comment

Powered by Blogger.