Search

Dolar AS Tetap 'Tenang', Yen Melemah Ditengah Sentimen Risiko

© Reuters.  © Reuters.

Investing.com - Dolar AS tetap 'tenang' terhadap sekeranjang mata uang rivalnya pada hari Rabu dan yen secara luas lebih rendah setelah sentimen risiko membaik, tetapi kekhawatiran tentang melambatnya pertumbuhan global dan ketegangan perdagangan AS-China tampaknya akan terus mempertahankan kenaikan aset berisiko dalam pemeriksaan.

- yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama - berada di 95,97 pada pukul 15.10 WIB, sedikit berubah pada hari ini.

Yen melemah terhadap greenback, dengan naik 0,26% menjadi 109,64. Itu juga lebih rendah terhadap euro, dengan terangkat 0,32% di 124,61.

Semalam, Bank of Japan mempertahankan kebijakan moneter tidak berubah dan memangkas perkiraan inflasi. Data menunjukkan penurunan yang lebih besar dari perkiraan ekspor pada bulan Desember sebelumnya pada hari itu menggarisbawahi perlunya dukungan berkelanjutan untuk ekonomi yang bergantung pada perdagangan.

Dolar Australia sedikit lebih tinggi, dengan naik 0,18% menjadi 0,7135.

Dolar Selandia Baru juga lebih tinggi, dengan naik 0,5% diperdagangkan pada 0,6780 setelah data semalam menunjukkan bahwa inflasi naik lebih tinggi pada kuartal keempat dipandang sebagai mengurangi kemungkinan penurunan suku bunga.

Pasar mata uang telah whipsaw selama beberapa pekan terakhir di tengah kekhawatiran atas berbagai masalah dari Brexit yang memperlambat pertumbuhan global dan prospek bank sentral utama.

"Kegelisahan seputar pertumbuhan global dan ketegangan perdagangan tentu saja merupakan faktor pendorong pasar saat ini," ungkap Michael McCarthy, kepala strategi pasar di CMC Markets.

"Pasar juga telah melihat pergerakan spektakuler sejak akhir Desember..jadi koreksi ekuitas baru-baru ini juga bisa disebabkan oleh penempatan."

Pada hari Senin, Dana Moneter Internasional memangkas perkiraan pertumbuhan global 2019 dan 2020, mengutip perlambatan yang lebih besar dari yang diperkirakan di China dan zona euro, dan mengatakan kegagalan untuk menyelesaikan ketegangan perdagangan dapat semakin mengganggu stabilitas ekonomi global yang melambat.

Pertumbuhan di China tahun lalu adalah yang paling lambat sejak 1990 dan akan melemah lebih lanjut pada tahun ini sebelum langkah-langkah stimulus mulai dilakukan.

Investor berharap untuk terobosan dalam pembicaraan perdagangan AS-China, dengan perang perdagangan antara dua ekonomi terbesar di dunia yang menakuti pasar.

Sebuah laporan oleh Financial Times bahwa AS telah menolak tawaran China untuk persiapan perundingan perdagangan yang mengurangi sentimen risiko semalam, meskipun kemudian ditolak oleh penasihat Gedung Puti.

Euro dan pound keduanya datar terhadap mata uang AS, dengan berada di 1,1356 dan berpindah tangan di 1,2962.

Sterling naik 0,5% terhadap greenback pada hari Selasa setelah data menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja Inggris tetap kuat meskipun ada pelambatan ekonomi menjelang tenggat waktu yang akan datang untuk Brexit pada 29 Maret.

Sterling mendekati level tertinggi yang terakhir terlihat pada pertengahan November, tanda bahwa pedagang mengharapkan Inggris untuk menghindari keacauan untuk keluar dari Uni Eropa.

Sejak kesepakatan perceraian Perdana Menteri Theresa May dengan UE ditolak oleh anggota parlemen pekan lalu dalam kekalahan terbesar dalam sejarah Inggris modern, anggota parlemen telah mencoba untuk merencanakan jalan keluar dari krisis, namun tidak ada pilihan yang mendapat dukungan mayoritas dari parlemen.

"Pasar sekarang benar-benar mengabaikan prospek Brexit yang keras, meskipun risiko politik masih tetap ada dan volatilitas pasti akan naik lebih tinggi jika tidak ada jalur yang jelas terlihat ke pasar," kata Kathy Lien, direktur pelaksana strategi mata uang di Manajemen Aset BK,

-- Reuters berkontribusi pada laporan ini.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dolar AS Tetap 'Tenang', Yen Melemah Ditengah Sentimen Risiko"

Post a Comment

Powered by Blogger.