Search

Pernyataan Trump Sentak Dolar Jatuh, Yen Naik oleh Spekulasi BoJ

© Reuters.  Dolar AS dibikin Trump bergerak mundur © Reuters. Dolar AS dibikin Trump bergerak mundur

Investing.com - Dolar tertekan turun pada hari Senin setelah komentar dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump tentang suku bunga dan kekuatan mata uang AS, dan yen menguat setelah laporan bahwa bank sentral Jepang memperdebatkan langkah untuk mengurangi program stimulus besar-besaran.

, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama, turun 0,18% ke 94,09 pada pukul 14.48 WIB, menjauh dari level tertinggi satu tahun di 95,44 yang disentuh pada hari Kamis.

Dolar telah berada di bawah tekanan setelah Trump meluncurkan serangan terhadap Federal Reserve pada hari Kamis, mengklaim bahwa rencana mereka untuk menaikkan suku bunga AS berisiko merongrong usahanya untuk memperkuat perekonomian.

Trump meningkatkan kritiknya terhadap The Fed pada hari Jumat, men-twit di Twitter untuk mengklaim bahwa kebijakan moneter yang ketat menghukum AS dengan berkontribusi ke dolar yang lebih kuat.

Ia juga menuduh China dan Uni Eropa mengenai manipulasi mata uang dan suku bunga yang menurutnya telah merugikan AS.

Indeks dolar turun 0,77% pada hari Jumat, persentase penurunan satu hari terbesar dalam tiga minggu, yang cukup untuk mengubah indeks ini ke wilayah negatif untuk bulan ini.

Dolar jatuh ke level terendah dalam dua minggu terhadap yen, dengan turun 0,47% menjadi 110,95. Dolar kini jatuh sekitar 2% terhadap mata uang Jepang sejak mencapai puncak enam bulan 113,16 Kamis lalu.

Yen didorong naik setelah Reuters dan media lainnya melaporkan bahwa Bank of Japan secara aktif membahas perubahan terhadap program stimulus moneter besar-besaran. BoJ akan mengadakan pertemuan kebijakan berikutnya pada akhir bulan.

Euro merangkak lebih tinggi terhadap dolar, dengan bertambah 0,14% untuk diperdagangkan pada 1,1735.

Pound juga berdetak menguat, meningkat 0,17% menjadi 1,3151.

Investor terus memantau perkembangan konflik perdagangan global yang semakin meningkat setelah Trump pada hari Jumat mengindikasikan bahwa ia siap untuk menambah tarif bagi semua impor China ke AS, senilai sekitar $500 miliar per tahun.

AS dan China telah memberlakukan tarif impor senilai $34 miliar satu sama lain.

Sementara itu, menteri keuangan dan kepala bank sentral dari negara-negara G20 menyerukan dialog lebih dalam untuk mencegah ketegangan perdagangan dan geopolitik yang akan melukai pertumbuhan ekonomi global pada pertemuan akhir pekan di Buenos Aires.

Disklaimer: Fusion Media would like to remind you that the data contained in this website is not necessarily real-time nor accurate. All CFDs (stocks, indexes, futures) and Forex prices are not provided by exchanges but rather by market makers, and so prices may not be accurate and may differ from the actual market price, meaning prices are indicative and not appropriate for trading purposes. Therefore Fusion Media doesn`t bear any responsibility for any trading losses you might incur as a result of using this data.

Fusion Media or anyone involved with Fusion Media will not accept any liability for loss or damage as a result of reliance on the information including data, quotes, charts and buy/sell signals contained within this website. Please be fully informed regarding the risks and costs associated with trading the financial markets, it is one of the riskiest investment forms possible.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pernyataan Trump Sentak Dolar Jatuh, Yen Naik oleh Spekulasi BoJ"

Post a Comment

Powered by Blogger.