Search

ECB Beri Sinyal Pemangkasan, Suku Bunga Tetap

© Reuters.  © Reuters.

Investing.com - European Central Bank (ECB) atau dikenal dengan Bank Sentral Eropa mengisyaratkan pemangkasan suku bunga resmi ke rekor terendah baru, dan bank sentral ini berharap dapat mendukung ekonomi zona euro yang semakin terpuruk oleh perang perdagangan antara Amerika Serikat dan China, serta risiko Brexit yang cukup mengganggu.

Bank sentral tersebut meninggalkan suku bunga simpanan utamanya pada nilai -0,4% dan suku bunga refinancing pada angka 0%.

"Dewan Pemerintahan Bank mengharapkan suku bunga utama ECB tetap pada level mereka saat ini atau lebih rendah setidaknya sampai paruh pertama tahun 2020, dan dalam hal apa pun selama diperlukan untuk memastikan berlanjutnya konvergensi inflasi yang berkelanjutan hingga mencapai tujuan di atas jangka waktu menengah," cerita ECB dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan dewan pemerintahan penentu kebijakan.

Kata-kata kunci "atau lebih rendah" belum dimasukkan dalam pernyataan bulan-bulan sebelumnya. Reintroduksi tersebut menandakan bahwa bank sentral telah secara efektif mengabaikan niatnya untuk membuat langkah selanjutnya dalam kenaikan suku bunga.

ECB juga menurunkan isyarat lebih lanjut bahwa bisa memulai kembali program pembelian obligasi dalam upaya untuk membawa inflasi kembali ke level yang ditargetkan, di mana selama bertahun-tahun tetap di bawah target setelah "Krisis Keuangan Hebat".

Bank sentral Eropa mengatakan dewan pemerintah "menggarisbawahi perlunya sikap kebijakan moneter yang sangat akomodatif untuk jangka waktu yang lama, karena tingkat inflasi, baik yang direalisasikan maupun yang diproyeksi, telah secara terus-menerus berada di bawah level yang sesuai dengan tujuannya."

Euro nyusruk ke level terendah Mei 2017 usai rilis berita. Pada pukul 18.57 WIB berada di level $1,1117, turun dari $1,1140 segera sebelum pengumuman.

Presiden Mario Draghi, yang hanya akan memimpin dua pertemuan lagi dari dewan pengatur kebijakan ECB sebelum mengundurkan diri pada bulan Oktober, akan mengadakan jumpa pers reguler pada pertemuan hari ini pukul 19.30 WIB.

Disklaimer: Fusion Media would like to remind you that the data contained in this website is not necessarily real-time nor accurate. All CFDs (stocks, indexes, futures) and Forex prices are not provided by exchanges but rather by market makers, and so prices may not be accurate and may differ from the actual market price, meaning prices are indicative and not appropriate for trading purposes. Therefore Fusion Media doesn`t bear any responsibility for any trading losses you might incur as a result of using this data.

Fusion Media or anyone involved with Fusion Media will not accept any liability for loss or damage as a result of reliance on the information including data, quotes, charts and buy/sell signals contained within this website. Please be fully informed regarding the risks and costs associated with trading the financial markets, it is one of the riskiest investment forms possible.

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "ECB Beri Sinyal Pemangkasan, Suku Bunga Tetap"

Post a Comment

Powered by Blogger.